TEKNOLOGI FIBER OPTIK - SEBELUM MELANGKAH JANGAN MENYERAH

Latest

Like on Facebook

SRIJANTA ARYA DAMAR

Rabu, 07 Agustus 2019

TEKNOLOGI FIBER OPTIK

TEKNOLOGI FIBER OPTIK

PENGERTIAN DAN STRUKTUR

A. Pengertian Fiber Optik
     
       Fiber optik merupakan saluran trasmisi (pemindah informasi) yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ketempat lain.

       Fiber optik terbuat dari serat kaca dan bentuknya panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Serat kaca ini merupakan serat yang dibuat secara khusus yang terbuat dari bahan kaca murni dan kemudian diproses menjadi sebentuk gulungan kabel agar dapat digunakan untuk melewati data yang ingin dikirim atau diterima.

B. Struktur Fiber Optik

Secara garis besar fiber optik memiliki 3 struktur dasar yaitu:

 a. Core(inti)
      Berfungsi untuk menentukan cahaya rambat dari satu ujung lainya. Terbuat dari bahan kuarsa dengan kualitas sangat tinggi, merupakan bagian dari fiber optik karena perambatan cahaya terjadi disini. Diameternya adalah 10 um - 50 um, ukuran core sangat mempengaruhi fiber optik.

 b. Cladding(lapisan)
      Berfungsi sebagai cermin, yakni memantulkan cahaya agar dapat merambat ke ujung lainya. Terbuat dari gelas dengan indeks bias lebih kecil dari core, merupakan selubung dari core, sangat mempengaruhi besarnya sudut kritis.

 c. Coating(jaket)
      Berfungsi sebagai pelindung mekanis dan tempat kode warna. Terbuat dari bahan plastik, berfungsi untuk melindungi serat optik dari kerusakan.


JENIS-JENIS FIBER OPTIK

             Terdapat dua jenis fiber optik yang umumnya digunakan yaitu:

 1. Single-mode fibers
 Mempunyai inti yang kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinyal laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nanometer)

 2. Multi-mode fibers
 Mempunyai inti yang lebih besar (berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 mikron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nanometer)

 Kabel single mode mempunyai ukuran core yang kecil dan dapat menjangkau jarak yang lebih jauh hingga ratusan kilo meter serta hanya dapat mengirim satu sinyal pada satu waktu (contoh: telepon dan TV kabel). Sedang kan multi mode memiliki ukuran core yang lebih besar, dapat mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, namun hanya mampu menjangkau kurang dari 550 meter.


CARA KERJA DAN KONSTRUKSI KABEL

     Sinar dalam fiber optik berjalan melalui inti dengan secara memantulkan dari cladding, dan hal ini disebut total internal reflectiin, karena cladding sama sekali tidak menyerap sinar dari inti. Akan tetepi dikarenakan ketidakmurnian kaca sinyal cahaya akan terdegradasi, ketahan sinyal tergantung pada kemurnian kaca dan panjang gelombang.

     Didalam melakukan pensinyalan terdapat dua jenis sumber cahaya yang dapat digunakan yaitu: LED (Light Emiting Diode) dan laser semi konduktor.

KONSTRUSI KABEL FIBER OPTIK


4 macam konstruksi kabel fiber optik:
   a. kabel duct
   b. kabel direct buried
   c. kabel aerial
   d. kabel indoor

A) Konstruksi jenis kabel duct (lapisan luar)


 B) Konstruksi jenis kabel direct buried (tanam lansung)

C) Konsrtuksi jenis kabel aerial (kabel udara)


D) Konstruksi jenis kabel indoor (kabel dalam gedung/rumah) kapasitas 2-6 fiber optic














       

1 komentar:

  1. Sippp..tolong coba buat flyer mengenai fiber optik ini y cah bagus..👍👍👍💪

    BalasHapus